2019年9月21日土曜日

halaman 83 - 86

Sesudah persidangan pertama itu, Dokuritsu Junbi Cosakai menunda persidangannya sampai bulan Juli. Sementara itu pada tanggal 22 Juni 1945, 9 orang anggotanya yaitu : Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Muh. Yamin, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. A.A. Maramis, Abdulkahar Muzakkir, Wachid Hasjim, H. Agus Salim dan Abikusno Tjokrosuyosono membentuk suatu panitia kecil.
第一回会議後、「独立準備調査会」は次回の会議を7月まで延期した。その間、1945年6月22日に9人の委員が小委員会を設置した。9人とは、 Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Muh. Yamin, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. A.A. Maramis, Abdulkahar Muzakkir, Wachid Hasjim, H. Agus Salim, Abikusno Tjokrosuyosono である。

<Kosakata 語彙>
tunda, menunda 延期する (英)postpone
委員会を設置する(英)establish a committee
Drs. = Doktorandus 修士、ハッタは経済学修士号を授与された。


独立準備調査会第一回会議(昭和20年5月29日~6月1日) 
Persidangan resmi BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945

Panitia kecil ini menghasilkan suatu dokumen yang berisi rumusan azas dan tujuan Negara Indonesia Merdeka. Dokumen ini kemudian dikenal dengan nama "Piagam Jakarta" sesuai dengan penamaan Muh. Yamin.
その小委員会は、独立国家インドネシアの原則と目標の策定を内容とする文書を作成するのに成功した。この文書は後にムハンマド・ヤミンの名付けに従って「ジャカルタ憲章」の名前で広く知られている。

<Kosakata 語彙>
tujuan 目的,目標
piagam 憲章(= 重要で根本的なことを定めた取り決め。特に、基本的な方針や施策などをうたった宣言書や協約。)
sesuai dengan ~に従って
penamaan 命名

Kemudian pada tanggal 7 Agustus 1945 Dokuritsu Junbi Cosakai dibubarkan. Sebagai gantinya dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
その後、1945年8月7日に「独立準備調査会」は解散した。その代わりとして、インドネシア独立準備委員会(PPKI)が設立された。

<Kosakata 語彙>
panitia 委員会 = committee

Pada tanggal 7 Agustus 1945 Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta dan dr. Radjiman dipanggil oleh Panglima Tertinggi Mandala Selatan Jepang yang membawahkan seluruh Asia Tenggara, yakni Marsekal Darat Hisaici Terauci, ke markas besarnya di Dalat (Vietnam Selatan).
1945年8月7日、スカルノ技師とハッタ修士とラジマン医師は、東南アジア全域を指揮下におく日本軍の南方地域最高司令官、陸軍大将・元帥、寺内寿一に(ベトナム南部の)ダラットにある司令部に来るよう呼び出された。

<Kosakata 語彙>
 てらうちひさいち 【寺内寿一】 (1879~1946) 軍人。陸軍大将・元帥。山口県生まれ。二・二六事件後、広田内閣の陸相。1941年(昭和16)南方軍総司令官。敗戦後サイゴンで死亡。

Kepada ketiga pemimpin Indonesia itu, disampaikan oleh Marsekal Terauci bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Pelaksanaannya dapat dilakukan segera setelah persiapannya selesai.
インドネシアの三人の指導者に寺内元帥は、日本政府はインドネシアに独立を与えることを決定した、と伝えた。その実施は、準備ができ次第ただちに行なうことができる。

<Kosakata 語彙>
marsekal 元帥 = jenderal besar
laksana, pelaksanaan 実行、実施

Untuk mempersiapkan kemerdekaan, Terauci menyetujui pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dengan anggota-anggota yang sesuai dengan Dokuritsu Junbi Cosakai, kecuali orang Jepangnya.
独立の準備をするため、「独立準備調査会」に見合った日本人を除く委員から成るインドネシア独立準備委員会(PPKI)を設立することに寺内は同意した。

Wilayah Indonesia akan meliputi seluruh bekas wilayah Hindia Belanda. Yang ditunjuk sebagai kektua PPKI adalah Ir. Sukarno dan sebagai wakil ketua Drs. Moh. Hatta.
インドネシアの領土は前オランダ領東インドの領土とする。PPKI(インドネシア独立準備委員会)の議長はスカルノ技師、副議長はムハンマド・ハッタ修士が指名された。

Kemudian anggota PPKI oleh pemimpin-pemimpin Indonesia sendiri ditambah lagi dengan 7 orang anggota tanpa seizin pihak Jepang, karena dirasakan bahawa PPKI adalah milik rakyat Indonesia sendiri.
後日、PPKI(インドネシア独立準備委員会)の委員は、インドネシア人指導者らにより、日本側の許可なく7名が追加された。なぜなら、PPKI(インドネシア独立準備委員会)はインドネシア人民のものだからである、と考えられたからだ。

Pada tanggal 14 Agustus ketiga pemimpin Indonesia itu yaitu Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta dan dr. Padjiman menuju kembali ke Jakarta.
1945年8月15日にインドネシアの指導者、スカルノ、ハッタ、パジマンの三人は再度ジャカルタへ向かった。

<Kosakata 語彙>
Drs. = Doktorandus 修士、 sarjana 学士
tuju, menuju 向かう、めざす、へ行く

Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang sudah menyerah kepada Serikat tanpa syarat dan dengan demikian berakhirlah Perang Pasifik.
1945年8月15日に日本は連合国に無条件で降伏した。そして、そのように太平洋戦争は終わった。

Setelah menginap semalam di Singapura, pada tanggal 15 Agustus, Sukarno - Hatta tiba kembali ke tanah air.
1945年8月15日、シンガポールで一泊した後、スカルノとハッタは祖国・インドネシアに到着した。

Berita tentang menyerah Jepang telah diketahui oleh sebagian pemimpin Indonesia, terutama pemimpin-pemimpin pemuda. Para pemuda menghendaki agar supaya Sukarno - Hatta segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia lepas dari Jepang.
日本降伏のニュースはすでに一部のインドネシア指導者ら、特に青年たちに知られていた。青年たちは、日本に拘束されずに(日本にとやかく言われる前に)、スカルノとハッタにインドネシアの独立宣言を直ちに行なわせようとした。

Sukarno - Hatta ingin bicara dulu dengan pihak Jepang lalu merapatkannya di dalam PPKI.
スカルノとハッタは、まず先に日本側と話したかった。それから PPKI(インドネシア独立準備委員会)で会議を開きたかった。

Para pemuda ingin memaksakan kehendaknya dan untuk itu merek memutuskan untuk mengamankan Sukarno - Hatta ke luar kota Jakarta.
青年達は、自分達の考えどおりにしようとした。そのためスカルノとハッタをジャカルタの外へ連れ出し、身の安全を確保することにした。

Tugas itu dilaksanakan oleh Sukarni, Jusuf Kunto dan Syodanco Singgih. Pada dinihari tanggal 16 Agustus Sukarno - Hatta dibawa ke Rengasdengklok, sebuah kota kewedanaan di sebelah utara Krawang yang merupakan tempat kedudukan sebuah kompi Tentara Peta di bawah Cudanco Subeno, yang telah mengambil alih kekuasaan dari Jepang.
その任務はスカルニとユスフ・クントと小団長のシンギが実行した。1945年8月16日の明け方にスカルノとハッタは、レンガスデンクロックへ連れて行かれた。そこはクラワンの北にある郡で、日本軍から権力を移譲された中団長のスベノの指揮下の郷土防衛義勇軍(PETA)の中隊が駐屯しているところであった。

kompi 中隊
alih 移る、交代
kewedanaan 郡
dinihari 夜明け、明け方 =  pagi-pagi benar (pukul 03.00—05.00)

Berdasarkan perundingan dan tercapainya kata sepakat antara Mr. Ahmad Subardjo dari golongan tua dengan Cudanco Subeno dari golongan pemuda, Mr. Ahmad Subardjo menjamin bahwa Proklamasi akan diumumkan pada keesokan harinya, yakni tanggal 17 Agustus 1945 dan untuk itu Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta dapat dibawa kembali ke Jakarta.
長老集団のアーマド・スバルジョ法学士と青年集団のスベノ中団長の間で話し合われ、全員一致したことを基にして、翌日の pagi-pagi benar (pukul 03.00—05.00);1945年8月17日に独立宣言を行なう、そのためにスカルノ技師とムハンマド・ハッタ修士は再びジャカルタに連れ戻すことができるということを、アーマド・スバルジョ法学士は保証した。

<Kosakata 語彙>
berdasarkan を基にして
runding, perundingan 協議、話し合い
tercapai 達成される、実現される
sepakat 全員一致、満場一致、全会一致
menjamin 保証する